03 Februari 2009

MEMANCING KEPITING


Memancing Kepiting tidaklah terlalu susah. Kepiting adalah jenis binatang yang mudah marah. Dan saat marah, kepiting tidak akan melepaskan jepitan kepitnya sampai musuh mati. Dengan dasar ini kita dapat memancing kepiting dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah membuatnya marah. Ini bisa kita lakukan jika kepitingnya dapat dengan mudah kita lihat dari permukaan. Yang harus disiapkan adalah joran pancing, tali/nilon, batu kecil dan jaring untuk tangkap kepiting. Joran pancing bisa dari apa saja termasuk dari dahan pohon sekedar untuk tempat mengikat nilon. Nilon atau tali dicari yang tidak mudah putus saat di kepit oleh kepit kepiting. Usahakan dari nilon karena jika tali dari rumput jepang/tali rapia mudah putus saat di kepit kepiting. batu kita gunakan sebagai umpan. Usahakan batu mudah diikat di nilon. Sementara jaring untuk menangkap kepitingnya dapat kita buat sendiri dari jaring nilon dengan ukuran lubang kecil dan diikat didalam besi batoneser yang dibentuk lingkaran.Atau anda dapat membelinya dipasar dengan harga standar.Jika semua peralatan telah lengkap maka lakukan langkah berikut:

Untuk memancingnya usahakan kita dapat melihat kepitingnya. Bila telah dilihat usahakan untuk tidak membuat kepiting lari karena gerakan yang terlalu cepat dari kita. Umpan batu kecil kita arahkan ke kepiting tersebut dan sentakkan sehingga membuat kepiting menjadi marah dan menjepit batu atau nilon. Saat kepiting menjepitnya, maka pastikan untuk menggerakkan sehingga seolah terjadi perlawan dari korban jepitan kepiting.Semakin kita gerakkan maka kepiting akan makin kuat menjepit.Setelah yakin kepiting telah menjepit taris secara perlahan menuju permukaan. Jaring kita persiapkan dengan menenggelamkannya sejarak jangkauan tangan kita artinya jika tangan kiri memegang umpan maka tangan kanan memegang jaring. arahkan jaring tepat dibawah kepiting yang masih menjepit umpan dan tarik segera keatas. tertangkaplah ia. Pastikan agar kepiting tidak lagi dijaring kita dengan segera membelit jaring.

Cara kedua: Dengan umpan daging. Caranya hampir sama dengan cara diatas bedanya jika cara pertama menggunakan batu dan membuat marah maka cara kedua menggunakan umpan daging.Daging yang dipilih sebagai umpan haruslah daging yang tidak mudah rusak karena jepitan kepiting.Karena kepiting memakan dengan mencabik kecil-kecil daging mangsanya.Oleh karenanya daging yang bisa dipilih adalah kepala ikan,insang ikan, kaki ayam, kepala ayam yang mudah kita beli di pasar dengan harga murah.

Setelah membelinya maka ikatlah kaki/kepala ayam dengan menggunakan tali nilon.Lalu lemparkan kepinggir-pinggir dermaga/daerah sekitar kita memancing.Oya.. tips dari saya.. anda perlu memberi bandul/pemberat pada daging sebab biasanya umpan daging baik ikan maupun ayam tidak bisa tenggelam.Bau daging ikan/ayam akan membuat kepiting mendekati umpan kita dan segera menariknya menuju lubang persembunyiannya. Nah saat kepiting menarik itulah tali nilon kita akan mengalami tarikan/strike. Tali nilon yang terkena strike terlihat kencang dan saat ditarik akan terasa berat dan bila dilepaskan akan kembali kencang karena ditarik oleh kepiting. Saat itulah dengan perlahan tarik tali nilon sampai kepiting terlihat dipermukaan tetapi hati-hati jangan sampai kepiting tersembul dan terangkat diatas air,karena saat itu kepiting akan dengan segera melepaskan jepitannya dan lari bersembunyi. Tentu saat kita menarik tali nilon, jaring untuk menangkap kepiting telah kita rendam didalam air.Letakkan jaring tepat dibawah kepiting yang terus menjepit umpan kita dan tarik dengan segera tapi ingat JANGAN SAMPAI KEPITING BERADA DIATAS PERMUKAAN AIR.

Gimana jika jaring belum diletakkan kepiting sudah melepaskan umpan?Tidak perlu ragu.Lepaskan kembali umpan niscaya kepiting akan kembali menariknya karena dia tidak tahan mencium aroma daging yang berada disekitarnya dan dia tidak pernah kapok. Lalu jika kita gagal saat mencoba memasukkan kepiting dalam jaring?Berarti anda belum beruntung. Coba lagi.solusinya hanya satu.. coba lagi, coba lagi dan coba lagi.Semakin sering mencoba, lama-lama anda akan ahli.Karena ada pepatah mengatakan orang ahli itu bukan karena kehebatan ilmunya tetapi tidak ada yang dikerjainya selain itu, itu dan itu saja sehingga tutup matapun dia bisa tahu dan kita menyebutnya ahli.Bukankah begitu para amatir?Jadi kalo mo jadi pemancing professional, jadilah nelayan karena mereka adalah professional dikarenakan profesinya memang itu....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar